Saturday, May 12, 2012

MANFAAT OLAHRAGA BERSEPEDA


MANFAAT OLAHRAGA BERSEPEDA



Manfaat Olahraga Bersepeda

Kita sudah mengenal cara mengatur pola makan, fungsi dari vitamin, dan juga kita tahu bahwa salah satu cara diet adalah berolahraga. Nah, ada baiknya bila olahraga bersepeda bisa kamu masukkan sebagai salah satu solusi diet yang baik. Kenapa? karena fungsinya yang tak lain akan membantu kita dalam diet. Yuk.. Kita lihat fungsi dari bersepeda lebih lanjut.

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang sangat baik bagi tubuh sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Kita sering sekali melihat orang pagi – pagi sudah berolahraga sepeda.

Pada abad ke -19 lah, sepeda ditemukan di Eropa. Yang kemudian mulai masuk ke Amerika dan sejak saat itu Sepeda mulai terkenal diseluruh dunia.Bersepeda disebut sebagai berolahraga karena manfaat sepeda itu sendiri yang tidak sedikit.
Ada sebuah penelitian yang di lakukan oleh Jerman, yaitu orang yang bersepeda secara rutin dengan kec. 1 – 15 km/jam setiap hari lebih kebal terhadap penyakit flu daripada yang tidak, Sebab metabolisme tubuh orang yang bersepeda lebih lancar, dan staminanya juga lebih kuat.

Kamu bisa buktikan manfaat dari bersepeda ini ketika kamu sedang sakit punggung, kalau kamu bisa bersepeda setiap hari secara rutin, makan sakit punggung kamu perlahan – lahan akan hilang. Tau Kenapa? Ini disebabkan karena ada bagian pada tulang punggung yang kaku dan tidak terlatih, sehingga tulang sulit untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Kalau kamu bersepeda, maka bagian itu akan mulai terlatih dan tidak akan kekurangan nutrisi lagi.

Selain untuk mengatasi sakit punggung, masih banyak manfaat bersepeda yang lain. Beberapa dari manfaat olahraga bersepeda tersebut antara lain adalah:
1.    Bersepeda dapat membuat tubuh menjadi berenergi dan menjaga bentuk tubuh. Hal ini dikarenakan ketika kita bersepeda, kita melakukan beberapa gerakan yang dapat membentuk, mengencangkan, dan menguatkan serta mengurangi lemak pada otot paha, betis, serta panggul.
2.    Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat mengurangi selulit pada paha. Bahkan gerakan bersepeda juga dapat menghilangkan stress di daerah lutut hingga pergelangan kaki seperti halnya ketika kita berjalan atau melakukan senam aerobik.
3.    Bersepeda dapat memperlancar proses sirkulasi darah kaya oksigen serta nutrisi menuju seluruh bagian otot di seluruh tubuh.
4.    Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit. Misalnya diabetes, sebab bersepeda dapat menghindarkan kita dari tekanan darah tinggi dan menurunkan berat badan.
5.    Bersepeda dapat mengurangi stress dan menjaga kesehatan jantung.
6.    Untuk menghilangkan sakit punggung, supaya betis menjadi bagus, lemak berkurang.
7.    Agar bebas polusi, tidak macet, dan lancar

No comments:

Post a Comment